Haiii sobat cleaner, anda pengguna aktif air conditioner (AC) merasa air conditioner (AC) anda baik-baik saja tetapi tagihan listrik membengkak? Yuk, kenali penyebabnya.

1. Filter AC harus rajin dibersihkan, nah ini yang sering disepelekan oleh sobat cleaner. Untuk selalu membersihkan filter ac baik pemakaian di gedung, kantor maupun dirumah lebih baik dibersihkan 35-65hari jika tidak ingin filter ac menjadi kotor serta menyebabkan meningkatnya konsumsi listrik menjadi berlebih.

2. Lupa menutup pintu/jendela (membiarkan terbuka), jika anda sedang menggunakan air conditioner (AC) pastikan untuk selalu menutup pintu maupun jendela jika terus menerus dibiarkan terbuka maka air conditioner (AC) kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan, agar sama dengan suhu remote. Yang harus anda lakukan ialah selalu ingatkan keluarga maupun kerabat anda untuk selalu menutup ruangan pada saat air conditioner (AC) menyala dan mematikan air conditioner (AC) jika sudah tidak digunakan lagi.

3. Pengaturan suhu di derajat terendah,   pengaturan suhu terendah agar mendapatkan suhu yang sangat dingin jika terus menerus dilakukan juga bisa berdampak pada tagihan listrik yang melonjak karena membuat kompresor air conditioner (AC) terus bekerja, hal ini yang menyebabkan listrik lebih boros.

4. Jangan langsung menyalakan AC,   jika air conditioner (AC) tiba-tiba mati akibat mati lampu ataupun kepencet tombol off jangan langsung dinyalakan terlebih dahulu, tunggu 10-15menit hal ini bertujuan agar oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat sejenak. Cara ini sangat efektif agar kompressor AC bisa awet dan tahan lebih lama.