Hai sobat cleaner, buat kalian yang masih sering mengalami problem tentang permasalahan air conditioner (AC) dan belum mengetahui secara mendetail tentang masalah yang sering terjadi pada air conditioner (AC) anda. Yuk, mimin bagi tips nya agar air conditioner (AC) anda bisa digunakan dalam waktu yang lama 🙂

Pertama pastikan untuk selalu melakukan perawatan secara berkala maupun bertahap terhadap air conditioner (AC) anda. Apa saja perawatan tersebut  : 

1. Jika AC dirasa tidak dingin, bagi anda yang sudah berpengalaman membersihkan filter AC sendiri bisa dicoba untuk membersihkannya terlebih dahulu minimal 30hari-60hari sekali untuk penggunaan pada kantor dan gedung jika penggunaan dirumah bisa 60hari-90hari sekali. Namun, bagi anda yang belum pernah membersihkan filter AC atau yang masih takut untuk membersihkan sendiri bisa anda coba konsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga ahlinya.

2. AC berair / Netes, ini yang sering dialami oleh pengguna air conditioner (AC). Penyebab yang sangat umum karena tersumbat oleh debu ataupun kotoran pada air conditioner (AC) ataupun bisa juga karena tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan. Cara yang bisa anda lakukan sebelum memanggil teknisi adalah bersihkan saluran pembuangan talang belakang, pastikan juga pompa AC berfungsi dengan baik. Jika anda takut ataupun ragu-ragu bisa langsung konsultasikan/memanggil tenaga ahlinya.

3. Udara yang dihasilkan oleh AC terasa panas, bagi anda pengguna air conditioner (AC) dirumah, kantor maupun gedung jika dirasa udara yang dikeluarkan oleh air conditioner (AC) anda terasa panas kemungkinan bisa disebabkan permasalahan pada bagian freon, jika kehabisan freon anda bisa saja untuk mengisi ulang. Namu, jika ternyata isi freon kamu masih banyak tetapi udara yang dihasilkan terasa panas bisa anda hubungi teknisi untuk menanyakan penyebab utamanya.

 

4. AC mati total, untuk mengatasinya diperlukan ketelitian yang luar biasa karena harus dilakukan pemeriksaan satu per satu antara komponen satu dengan yang lain. Jika anda takut maupun masih belum paham mengenai kendala tersebut, bisa anda panggil tenaga ahli nya.