Banyak sekali pertanyaan tentang AC yang netes air, berikut penjelasan singkat tentang menetesnya air pada AC.

Untuk netes air di bagian AC itu dikategorikan jadi 3 bagian yaitu:

1. Tetesan air Standart

    Tetesan air standart maksutnya, AC pasti mengalami kondensasi jadi pasti ada tetesan air dari indoor dan bisa dilarikan ke luar ruangan.

Biasanya tetesan air standart ini kita pasang selang khusus yang mengarah ke tempat pembuangan. Ini adalah tetesan wajar dan pada jalurnya

2. Tetesan air dari indoor AC

    Tetesan air dari indoor AC biasanya air tetesan yang keluar berasal dari swing AC atau casing bawah AC. Biasanya tetesan ini sering terjadi karena selang air yang mengarah ke pembuangan kotor dan menyebabkan air jadi tersumbat. Air kondensasi yang tersumbat akan kembali. Untuk mengatasi masalah ini biasanya harus dilakukan pencucian indoor AC.

3. Tetesan air di bagian nepel outdoor AC

    Untuk tetesan ini jika kita lihat tetesannya masih kecil itu masih dalam batas normal, kecuali pada nepelnya sudah terdapat gumpalan es lalu mencair akibatnya tetesan air menjadi banyak.

Jika nepel sudah ada gumpalan es itu artinya sudah ada masalah. Biasanya gumpalan es terjadi kalau freeon habis atau berkurang.

4. Instalasi yang salah

    Tetesan air juga dapat terjadi karena instalasi AC yang salah, contohnya kemiringan pada saluran pembuangan air.

Saluran air yang tidak tepat kemiringannya dapat membuat air yang menetes pada unit AC tidak bisa keluar ke saluran pembuangan.

Untuk mengatasianya bisa dengan cara menginstal ulang saluran pembuangan air AC dengan membuka casing unit dan atur kembali kemiringan saluran air.

Itu dia sedikit penjelasan tetesan air dari AC dan beberapa solusi untuk mengatasinya. Terimakasih sudah membaca blog AC NETES AIR? kategori mana masalahmu?!!!, jika ada yang ingin ditanyakan teman – teman silahkan tulis di kolom komentar,

AC NETES AIR? kategori mana masalahmu?!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *