CV. JOYO
CV. JOYO BAMBANG

Surabaya

1. Pengertian Dasar Tentang AC ( Air Conditioner)

Air conditioner (AC) adalah mesin yang dibuat untuk menstabilkan suhu dan kelembapan udara di suatu ruangan. Alat ini digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan, tergantung kebutuhan. Namun, AC sering disebut sebagai pendingin udara karena lebih banyak digunakan untuk menyejukkan ruangan.

Panas yang ada di pipa kondensor yang berasal dari pendingin gas yang di IN oleh kompressor sehingga bahan ini menjadi panas dan pada bagian Katup Ekspansi Otomatis pipa tempat sirkulasi pendingin gas di perkecil, sehingga meningkat pada pipa evaporator menjadi dingin.
Kita akan menjelaskan cara kerja AC khusus pada AC split yang paling sering digunakan di perumahan,mall,Perkantoran, sekolahan,Perusahaan dll.

2. Bagian-Bagian AC [Pendingin Udara] beserta fungsinya.
1. Kompresor


Pemampat atau kompresor adalah alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, yaitu gas atau udara. tujuan meningkatkan tekanan dapat untuk mengalirkan atau kebutuhan proses dalam suatu system proses yang lebih besar (dapat system fisika maupun kimia contohnya pada pabrik-pabrik kimia untuk kebutuhan reaksi). Secara umum kompresor dibagi menjadi dua jenis yaitu dinamik dan perpindahan positif

2. Kondensor [penguapan].

Kondensor AC berperan dalam penurunan suhu refrigerant gas dan berperan dalam terjadinya proses kondensasi. Apa itu kondensasi? Kondensasi adalah proses dalam mengubah freon yang awalnya berbentuk gas menjadi berbentuk cair.
Berfungsi untuk pembuangan uap panas

3. Evaporator [ pengembunan].
Salah satu komponen dalam sistem AC adalah evaporator. Perangkat berbentuk kotak yang berfungsi menurunkan suhu agar udara yang melewatinya dingin ini memiliki ruang berliku. Nah, jika ada pengendapan kotoran pada evaporator, maka dipastikan proses pendinginan udara pun tak maksimal

4. Filter Pengering.

Filter Drier” didalamnya terdapat saringan/filter dan pengering/penyerap uap air (drier). Jadi Filter drier berfungsi untuk menyaring kotoran/serbuk2 metal dalam sistem dan juga menyerap uap air sehingga tdk ikut bersirkulasi dalam pipa2 di sistem tsb. Kalau didalamnya hanya terdapat saringan saja, dinamakan “Filter”. Pada unit AC Split yg kecil biasanya hanya terdapat sebuah filter sebelum pipa kapiler selain filter yg ada di Accumulator. Tidak ada drier/pengering/penyerap uap.

5. Prinsip Kerja AC [Pendingin Udara]

AC bekerja mendinginkan udara ruangan dengan menggunakan prinsip fisika sederhana. … Selain itu AC memiliki kipas yang mampu mengalirkan udara panas sehingga berjalan melalui kumparan berisi refrigerants tersebut. Udara panas dialirkan oleh kipas sehingga berjalan melalui kumparan evaporator yang berisi refrigerants.

6. Jenis-jenis AC [Pendingin Udara]
1] Ac Split

AC Wall Mounted Split adalah AC yang memiliki kontrol yang sangat nayaman. Karena memiliki fungsi kering yang secara otomatis menurunkan tingkat kelembaban, serta memiliki kecepatan otomatis pada kipas yang mengatur kecepatan kipas untuk mengatur suhu ruangan agar sesuai dengan suhu yang kita inginkan

2] Ac celling caset

AC ceiling suspended adalah salah satu tipe pendingin atau penyejuk ruangan yang menggunakan cassette AC dalam instalasinya. AC jenis ini sering kali diaplikasikan pada berbagai ruangan rapat seperti pusat perbelanjaan yang terdiri dari beberapa lantai, perkantoran, hingga Gedung pertemuan.

3] Ac Floor Standing

AC floor standing adalah unit pendingin ruangan berbentuk balok yang sangat mirip dengan kulkas atau refigerator. Karena praktis, pendingin ruangan ini banyak diaplikasikan di berbagai jenis fungsi ruangan (indoor).

1] AC Split

AC Split ini memiliki dua bagian ialah indoor dan uotdoor, kompresor pada AC split pada bagian outdoornya dan memiliki kipas sebagai alat untuk membuang udara panas yang ada pada pipa kondensornya.

Sementara pada bagian indoornya terdapat pipa evaporator dan motor listrik yang memerlukan blower dan kemudian dihembuskan pada ruangan yang telah di tentukan ukuran type ac sehingga ruangan tersebut menjadi dingin.

Prinsip kerja pada ac split dimulai dari indoor dinyalakan kemudian kirim sinyal ke outdoor, Kompresor gas yang bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi melalui pipa tekan [pelepasan] ke kondensor.di dalam kondensor gas suhu tinggi yang dikeluarkan oleh Fan yang ditempatkan di unit luar ruangan, sehingga suhu gas pendingin menjadi dingin.

Setelah melewati Condensor gas refrigerant masuk ke Filter Dryer untuk disaring, agar gas yang mengalir tidak ada kotoran. Setelah gas disaring (Freon) masuk ke pipa kapiler yang lubangnya begitu kecil, di dalam pipa ini freon saling bertubrukan dan berdesak-desakan di sini freon telah berubah wujud menjadi cair yang sebelumnya membentuk gas.

Setelah melewati pipa kapiler freon akan menguap dan mengambil panas di dalam Evaporator yang menghambat udara. Dapat menggunakan pipa-pipa di evaporator menjadi dingin dan dihembuskan oleh motor fan yang ada di dalam unit Indoor.

Setelah melakukan proses pengembalian freon di dalam evaporator, freon kembali disedot masuk kembali melalui pipa hisap [suction] ke dalam Kompresor. Begitulah cara kerja ac, freon pendek dipompa oleh kompresor keluar melalui pipa tekan lalu masuk ke kondensor lalu ke pengering filter kemudian masuk melalui pipa kapiler menuju evaporator dan kembali ke kompresor melalui pipa hisap [Suction]. Proses ini terus berulang kompilasi AC yang digunakan.

2] Jendela AC
1. Pengertian
Pada AC Jendela ini memiliki bentuk yang berbeda dengan bentuk lainnya, yaitu antara indoor dan outdoornya memiliki tempat yang sama (menyatu), sehingga tidak memerlukan tambahan pipa antara AC indoor dan outdoor ini.
Di dalam pemasangan AC Jendela ini, kita harus melubangi tembok ruangan yang akan di pasang tersebut. Di dalam ruangan dan di luar ruangan di luar ruangan, di dinding pembatas ini sangat diperlukan di udara panas yang ada di luar ruangan tidak masuk ke dalam ruangan yang bersuhu rendah, yang dapat digunakan pada kompresor AC Window ini :

2. Bagian-bagian AC Window
A] Kompresor [kompersi]
Kompresor merupakan sebuah power unit (jantung) dari seluruh sistem AC. Tanpanya, AC anda tidak akan menghasilkan suhu yang dingin. Fungsi kompresor yaitu mengubah unsur gas bertekanan rendah menjadi gas bertekanan tinggi. Freon (refrigerant) adalah cairan yang menyerap panas dari dalam rumah kemudian membawanya keluar. Freon ini memiliki fungsi mirip seperti darah, menyerap dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

B] Kondensor [penguapan]

Kondensor merupakan sebuah alat yang mempunyai fungsi sebagai penukar kalor, mengubah wujud refrigerant dari bentuk gas sampai menjadi cair, dan menurunkan suhu temperature refrigerant. Pada bagian ini biasanya menggunakan udara untuk sebagai media pendinginnya. Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigerant dilepaskan ke udara lepas dengan bantuan kipas motor pada AC.

Supaya pelepasan kalor lebih cepat, pipa pada kondensor di desain berliku-liku dan dilengkapi dengan sirip. Oleh karena itu pembersihan sirip pipa pada bagian kondensor sangatlah penting supaya perpindahan kalor dari refrigerant tidak terganggu.

C] Evaporator

Fungsi dari evaporator ini adalah mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan refrigerant. Wujud cair dari refrigerant akan berubah menjadi gas setelah melalui pipa kapiler.

Bisa disebut bahwa evaporator ini merupakan sebuah komponen AC yang mempunyai fungsi sebagai penukar panas. Pada dasarnya udara yang berada di ruangan ber AC, diserap oleh evaporator dan masuk melalui sirip pipa kapiler sehingga suhu udara yang keluar dari sirip-sirip menjadi lebih randah dari keadaan semula atau pada saat udara kondisi dingin. Proses sirkulasi di dalam ruangan ini diatur oleh blower indoor.

D] Filter Pengering
Berfungsi untuk menyaring sisa-sisa kotoran gas dan oli.

E] Kipas Motor dan Blower
Kipas angin AC adalah kipas angin biasa yang memiliki tampilan dan bentuk seperti Air Conditioner / AC. Karena pada dasarnya kipas angin AC ini adalah sebuah kipas angin, bukan sebuah air conditioner. Apabila ruangan tempat kipas angin ini beroperasi cukup panas, maka udara yang dihasilkan juga tetap udara panas.

F] HPS (Saklar Tekanan Tinggi)
HPS (High Pressure Switch) adalah spare part mesin ro undersink untuk rumah tangga. HPS (High Pressure Switch) ini mempunyai standart grade food dan berfungsi sebagai sistem otomatisasi yang akan mematikan mesin filter air RO pada saat tangki penampungan hasil RO sudah penuh.

G] LPS [Saklar Tekanan Rendah]
Yaitu bekerja untuk mengukur gas lemah atau rendahnya.

3) AC Floor Standing
AC Lantai berdiri ini memiliki bentuk yang besar baik pada indoornya maupun pada outdoornya, peletakan AC lantai berdiri ini pada bagian indoornya di letakkan di lantai dasar yang dilengkapi dengan dudukannya, daerah di bagian depan ruangannya harus lapang hal ini di sebabkan agar perpindahan udara pada AC Lantai berdiri tersebut tidak terganggu.
AC Lantai berdiri ini mampu mencapai suhu lebih rendah hingga 10 derajat celcius sedangkan pemasangan pada bagian indoornya disebelah atas dibuatkan corong / udara, yang bisa di tempatkan hingga ketinggian 3,5 meter.
AC Lantai berdiri ini sangat banyak digunakan pada setiap industri, karena memiliki kapasitas kamar yang cukup besar dengan AC lainnya dan AC ini biasanya tergantung pada setiap ruangan produksi.

4) AC Central
Ukuran pada AC ini hampir sama dengan AC Lantai berdiri yang memiliki bentuk dan ukuran cukup besar. Perbedaannya terletak pada ukurannya dan diletakkan pada bagian dalam ruangannya. AC Central di pasang (di letakkan) pada bagian atas dekat plafon (plafon), dan AC ini lebih banyak di pasang dalam keadan tergantung.
AC Tengah memiliki dua buah blower yang digunakan untuk menghisap panas dingin pada bagian evaporatornya dan mengeluarkannya yang telah di tentukan. AC ini biasanya diberi nama corong udara / dakting di depan blowernya, sebagai tempat penyalur udara dari blower menuju ruangan. AC ini memiliki filter, yang dipasang pada bagian belakang blower.

E. Masalah-Masalah Yang Di Hadapi
1. AC [Air Conditioner] yang membeku [jadi es].
ac [air conditioner] membeku kristal [jadi es] bisa juga karena ac nya kotor, kekurangan gas freon atau refrigeran, dan kerusakan pada motor fannya.
Cara Mengatasinya:
I] Jika AC membeku [sebab] di sebabkan karena kotor.
Cara mengatasinya kita cukup dengan membersihkan bagian-bagian dalam ac yang kotor atau di cuci ac tersebut denagan memanggil ahlinya ac atau jas ac bisa menghub www.service-acsurabaya.com.
Ii] Jika filter dryernya kompresor mampet bekerja tidak stabil, dapat menyebabkan kompresor overload.
Cara mengetahui filter dryernya bisa dilihat dari pipa katup buangnya, sedangkan normalnya pipa katup buang itu panas, panasnya bisa dilihat dari berapa besar kapasitas kompresor itu. Kalau filternya sudah mampet tidak bisa diperbaiki lagi dan kita harus ganti filter yang baru.
iii) Jika Kompresor kekurangan freon gas atau refrigeran gas maka ac juga dapat menjadi beku, karena gas yang dipompa oleh kompresor sedikit.

`
AC Split yang tidak dingin, umumnya disebabkan oleh ac sudah kotor sehingga udara tidak bisa terhembus dengan lancar atau Freon yang habis atau outdoor yang sudah kotor sehingga dalam proses tidak maksimal.
Cara Mengatasinya:
A] Jika freon berkurang isi kembali dengan memakai Refrigerant sesui jenis unit nya menggunakan alat Regulator ke kompresor.
B] Dan jika kotor bersihkan unit outdoor dengan hati-hati, dapatkan matikan terlebih dahulu sumber arus pada outdoor tersebut.

F. Perawatan Pada AC [Pendingin Udara]
Hal yang harus dilakukan agar AC [Air Conditioner] dapat bekerja dengan baik, antar lain:
A] Lindungi AC dari debu [misal waktu bersih’’ kamar ac di matikan terlebih dahulu.
B] Lindungi ruangan AC dari asap [asap rokok], bau yang tidak sedap dan tidak terlalu panas.
C] Untuk mengurangi pemborosan bahan AC dalam ruangan, cegah udara luar terlalu banyak masuk langsung ke dalam ruangan yang dipasang AC seperti jendela atau pintu tertutup.
D] Bersihkan kisi-kisi Evaporator dari kotoran debu minimal 3 kali dalam satu tahun.
E] Melakukan perawatan pada AC sesering mungkin agar AC dilakukan dengan baik dan dapat digunakan lebih lama oleh pemakainya.
F] Perbaikilah langsung bagian AC yang mengalami kerusakan, baik itu kerusakan yang besar maupun kerusakan yang kecil.
G] Jangan biarkan kondisi AC diaktifkan terus-menerus, jika tidak dapat digunakan segeralah matikan AC dan memanggil teknisi ac bisa panggi jasa kita www.http//:service-acsurabaya.com

SERVICE AC/PASANG AC HUBUNGI KAMI :

Bagian-bagian dari AC Beserta Pengertiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *